Sharing Kummara

Kami kedatangan tamu dari Kummara, mereka membuat & mendesain banyak game. Kebetulan proyek kami juga tentang board game. Dalam sharing kummara ini kami ditemani oleh Kak Andre & Kak Isa. Sharing kali ini sangat bermanfaat dan aku dapat banyak. Kak Andre menceritakan tentang board game. Kami sempat bermain game yang dibawa oleh mereka, game itu adalah Rhino Hero dan Cash & Guns. Lalu Kakak menanyakan: Apa yang menurut kalian paling penting saat mendesain game? Jawabanku saat itu adalah kekompakan, kreativitas, keterampilan, lihat apa yang menarik.

Setelah itu Kak Andre dan Kak Isa memberitahu board game apa yang menginspirasikan. 
Kak Andre: -tertarik dengan game Power Grid oleh Friedomann Friese dari Jerman
                    -tertarik juga Settlers of Catan oleh Klaus Teuber
Kak Isa: -tertarik dengan Niagara oleh Thomas Liesching

Ada banyak pesan yang disampaikan oleh mereka saat sharing, contohnya: Hal yang kita biasa lihat itu akan membosankan dan tidak lagi menarik, tetapi beda dengan pandangan orang lain yang baru datang ke tempat itu, mereka akan lebih kagum melihat sesuatu dan menjadi muncul rasa penasaran dan keingintahuan baru.
Lalu Kak Andre & Kak Isa memberitahu darimana asal boardgame yang dering kita mainkan dan bagaimana ceritanya. informasi ini bisa dicari di Boardgame.id
Lanjut, kita membahas tahapan membuat game

TAHAP
1. kita merancang bisa mulai dari tujuan yang ingin kita wujudkan, konten yang kita tentukan, tema apa yang tercantum dalam board game yang akan kita buat (Kelompok Pyrenean Ibex mulai dari tema), atau bisa juga dari akhir/batasan yang ingin kita tuju dan dibuat awalnya.
2. buat konsep, riset, keluarkan ide.
3. Play Test, mencoba main dengan ide yang ada
4. DESIGN: cari style, warna board, bagian bagian dari game, dan konsep lebih lanjut
5. buat prototype dan yang aslinya.
6. test, apa pendapat orang terhadap yang kita buat

lalu bila masih ada kekurangan dalam pembuatan, proses-proses diatas harus diulangi lagi hingga benar-benar maximal dan sudah tidak ada masalah dalam gameplay atau gamenya.

Kak Andre menjawab pertanyaan diakhir pertemuan. Jawabannya: yang orang cari dari game salahsatunya adalah rasa penasaran, dan harus membuat orang tertarik dan penasaran sehinggs ingin menuntaskan dan ingin tahu lebih. Contohnya dalam game Assassin Creed yang menunjukan karakter satu orang dalam sejarang, mereka membuat gamenya berlanjut terus dan membuat kita penasaran dan ingin tamat agar tahu misi akhirnya dan bagaimana endingnya.


Comments

Popular Posts