Indonesia, 5 tahun yang akan datang

Kemarin, pada 17 Agustus 2017 kami bangsa Indonesia baru saja merayakan hari ulang tahun Indonesia yang ke 72. Perayaan ulang tahun Indonesia bukan hal main-main. Sangat banyak pahlawan yang berjuang mati-matian demi Indonesia merdeka. Lantas apakah setelah para pahlawan
berjuang, masyarakat Indonesia masih memperjuangkan kemajuan Indonesia?

Jadi, Apakah kalian semua pernah membayangkan, bagaimana Indonesia 5 tahun dari sekarang?

Indonesia adalah negara yang luas,  negara memiliki 17.508 pulau, dan perairan seluas 96.079,15 km persegi Tapi, apakah Indonesia dibilang negara yang maju? Aku secara individu belum berpendapat seperti itu. Nah, bagaimana pendapatku tentang keadaan Indonesia 5 tahun yang akan datang?

Menurutku negeri yang kaya alam, rasa, dan budaya ini seharusnya sudah menjadi negara maju sejak dulu. Tapi menurutku hal yang menghambat perkembangan negeri ini adalah kekompakan antar masyarakat dengan pemerintah. Bisa kita lihat sekarang, Jawa adalah pulau yang dominan di Indonesia. Rata-rata modernisasi zaman yang diutamakan yaitu di jawa. Lalu di Indonesia sepertinya masalah yang dibahas lebih banyak tentang kesalahan, kejahatan, dan masalah orang lain yang kalau dilihat tidak sama sekali membuat Indonesia maju. Akhirnya hanya memunculkan rasa kebencian terhadap satu sama lain yang berbeda pendapat.

beralih dari permasalahan, apa kemajuan Indonesia yang menarik?

Sejak struktur pemerintahan di bawah pimpinan Joko Widodo, tampaknya Indonesia telah membuat alat transportasi yang baru. Mungkin tidak baru di dunia, tapi di Indonesia. MRT, kita cukup mengenal kata itu kan? Sudah di targetkan bahwa MRT ini akan selesai di tahun 2018, menurutku seharusya MRT ini dapat mengurangkan kemacetan di kota Jakarta yang sangat padat.
Dan setelah itu ada Tol Laut. Tol Laut berniat untuk mengaktifkan pelabuhan dan perdagangan di sisi maritim Indonesia. Tarif antar dari pulau satu ke pulau lain menjadi lebih seimbang karena dijalankannya perahu besar yang bulak-balik dari ujung ke ujung. Semoga Visi yang telah dibuat akan terwujudkan dengan sangat baik.

Dan terkait pemimpin Bangsa Indonesia, menurutku pak Jokowi cocok untuk dapat kesempatan memimpin bangsa ini untuk periode selanjutnya (periode ke 2 pak Jokowi). Karena tanpa aku sadari juga, perubahan di Indonesia ini cukup cepat (kearah yang positif) saat pak Jokowi memimpin.

Tentang freeport, sudah lama ada kabar bahwa Indonesia akan putus kontrak terkait freeport. Menurutku bila freeport menjadi milik Indonesia lagi sepenuhnya, akan menaikan sisi ekonomi negara Indonesia. Dan menjayakan kembali rakyat papua yang tadinya bahan bangunan dan pangan lebih malah dibandingkan dengan pulau lain.

Rakyat Indonesia? 5 tahun yang akan datang sepertinya masih sama dari mulai perilaku dan cara menanggapi perubahan diatas. Atau siapa tahu? mungkin bisa lebih baik dan itu yang aku (atau mungkin semua orang) harapkan.

pada akhirnya tetap saja, kekompakan, toleransi, jujur, saling dukung. Adalah kunci Indonesia maju

Comments

Popular Posts